Sebuah halangan yang biasanya dialami pemilik website ataupun blogger dalam mengisi blognya adalah menulis. Bukan themes-nya, bukan hosting-nya, atau domain-nya. Karena themes, hosting dan domain hanya berbicara masalah teknis saja. Sedangkan menulis merupakan sebuah kemauan dan konsistensi. Berdasarkan pengalaman sewaktu jaman sekolah dulu, kalau disuruh membaca aja udah males, apalagi disuruh nulis…

Kebiasaan menulis tidak dipupuk sejak dini. Walaupun kata telat tak pernah ada dalam kamus belajar. Menulis tidak berbicara masalah ada bakat ataupun nggak. Bukankah semua orang yang bisa membaca pasti bisa menulis ? Tapi kenapa sedikit sekali orang yang mau menuangkan pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Ini karena menulis adalah pekerjaan yang dilandasi oleh kemauan dan niat.

Ketika dulu saya pertama kali ngeblog, saya tidak berpikir bahwa tulisan-tulisan di blog saya itu akan dibaca dan dikomentarin oleh orang-orang. Karena waktu itu, tulisan saya masih jauh dari kata bagus (mungkin sampai sekarang juga kali). Saya menulis hanya untuk diri saya sendiri.

Salim A. Fillah , seorang penulis muda asal Yogyakarta yang terkenal dengan buku-buku “provokasi” nikah muda-nya, bahwa untuk menjadi penulis yang hebat, dibutuhkan 3 langkah. Yakni menulis, menulis dan menulis. Ya hanya itu.

Sebagai langkah awal menjadi penulis (dan blogger tentunya), jangan terlalu memusingkan teori-teori menulis, tata bahasa, dan hal-hal memusingkan lainnya. Siapkan selembar kertas dan pena, atau duduk didepan komputer, lalu mulailah menulis. Apa saja. Apa yang ada di kepalamu sekarang.

Masih sulit juga ? Matikan komputer Anda, mandi lah dengan air yang dingin, pake baju dan pake parfum trus sisiran yang rapi, dan keluarlah dari rumah. Dengan naik angkot ataupun bus, pergilah ke mall, pantai, toko buku, ataupun taman. Sambil jalan kakipun boleh, pokoknya pergilah jalan-jalan. Lihat sekeliling Anda, polah seorang anak kecil, pengamen, pengemis, bus-bus / angkot yang ngetem sembarangan, spanduk-spanduk yang merusak pemandangan, apapun. Apa yang terlintas di pikiran Anda ? Silahkan segera catat poin-poin nya. Boleh dalam notes ataupun dalam handphone Anda.

Ketika sampai di rumah, tulislah. Sambungkan koneksi internet Anda atau pergilah ke warnet. Kalau ke warnet, jangan lupa siapkan duit 2 ribu rupiah. Bukalah browser internet (Firefox atau Internet Explorer). Ketik di kolom address : http://www.blogger.com atau http://www.wordpress.com. Daftar, dan mulailah menyalin apa yang sudah Anda tulis di rumah tadi. Dan selamat ! Anda baru saja menjadi bagian dari komunitas dunia yang sekarang sedang berkembang, menjadi Blogger !.

Dan ingat ! Jangan berpikir dahulu bahwa tulisan Anda akan dibaca oleh orang lain. Menulislah untuk diri Anda sendiri dulu. Besoknya begitu terus. Selama seminggu, baru Anda lihat jika ada comment yang singgah dalam blog Anda. Tanggapi jika perlu. Kalau ada yang mendukung pendapat Anda, silahkan tersenyum lebar dengan memperlihatkan gigi kuning Anda (upss… maksudnya gigi putih Anda, hehehe). Kalau ada yang ngritik, tanggapi dengan senyum juga (tapi kali ini tanpa memperlihatkan gigi Anda).

Yah, blog Anda mulai ada pengunjungnya. Walaupun masih 10 orang perharinya. Itu sudah cukup untuk seorang blogger pemula. Dan ketika sudah 2 minggu berlalu, Anda harus berubah. Segeralah mengunjungi blog-blog lainnya. Cari-cari inspirasi. Dan berusaha memperbaiki kualitas artikel Anda. Lama kelamaan, dengan sendirinya tulisan Anda akan semakin bagus. Saya juga masih dalam tahap berbenah diri kok. Sama-sama lah.