Pasti dari kalian semua ada yang kalo makan wajib pake sambel. Kalo gak ada sambelnya, itu berarti gak makan! Makin pedes makanannya, makin maknyes. Makanya sekarang banyak restoran yang menjual ‘kepedesan’ makanannya pake level-level segala. Nah, di Indonesia sendiri, penggemar sambel jumlahnya banyak sekali, jadi gak heran banyak banget jenis sambel dari berbagai daerah.

Yang pertama ada Sambel Kacang. Dari namanya aja udah ketauan kalo bahan utamanya adalah kacang. Kacangnya kacang apa? Yang pasti bukan kacang atom. Kita pakenya kacang tanah ya. Kacang ini nantinya digoreng atau disangrai barengan sama cabe merah dan beberapa bumbu tambahan. Terus tinggal dialusin dan dikasih air deh. Ulek-ulek, jadi deh tuh sambel kacangnya. Biasanya sambel kacang digunakan buat temen makan gorengan, atau buat gado-gado, atau pecel.

Ada juga Sambel Terasi! Jangan pada ngiler dulu yah. Kita tau banget kalian suka banget sama sambel yang satu ini. Sambel yang baunya sengit ini, biar bau tapi tetep aja digemari. Dibuat dengan udang-udang imut yang dicampur gula merah dan bawang (pastinya ada cabenya juga) bikin sambel ini punya rasa gurih yang spesial. Nyemmmm! Tinggal kasih nasi panas juga jadi deh…

Lanjut ke Sambel Roa! Dari tanah Manado, kita bisa nemuin ikan roa. Nah, kalo udah dicampur sambel, ikan roa ini bikin kamu gak selesai-selesai nambah nasinya. Penasaran sama rasanya? Mendingan titip sama sodara atau temen kamu yang di Manado.

Kalo ngomongin Sambel Dadak, pasti kamu suka denger di beberapa restoran yang ngejual bebek goreng. Nah, sambel dadak ini dibuatnya masih mentah yah, jadi sambelnya gak digoreng dulu baru disajikan. Makanya namanya dadakan, semuanya harus masih fresh. Biar tetep ajib pas nemenin si ikan gurame.

Ada juga loh, sambel yang dibuat dari buah. Aneh ya?! Namanya Sambel Mangga. Kebayang kan tuh, rasanya bakalan pedes-pedes asem seger. Wiiihhhh. Dibuatnya pake mangga muda yang masih asem-asem seger, nah terus dicampur sama cabe merah, cabe rawit, sama udang dan santan kental. Kalau udah dicampur semua, jadi deh!

Balik lagi ke Manado, di sana ada juga yang namanya Sambel Dabu-Dabu. Sering denger kan?! Yap, sambel ini biasanya dibuat untuk nemenin ikan bakar atau sea food. Sambel Dabu-Dabu terkenal sama pedesnya, kenapa? Karena dibuatnya dari cabe rawit yang endut-endut warna merah, udah gitu ditambah cabe biasa lagi, jeruk nipis, dan tomat. Pedes banget dan segar! Cobain aja di resto Manado terdekat yah!

Oke! Itu beberapa jenis Sambel Nusantara! Kalo dari daerah kamu ada sambel apa sih? Favorit kamu sambel apa?