tempurSetelah SIPADAN, kini Ambalat menjadi incaran negara tetangga “Negara Serumpun” Malaysia. Sudah kesekian kalinya armada-armada Malaysia memasuki daerah kedaulatan NKRI. Presiden SBY menginginkan kasus perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di kawasan Ambalat dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

“Indonesia siap pertahankan perairan Ambalat”, hal tersebut disampaikan wakil presiden Jusuf Kalla yang juga capres di pilpres 2009 usai membuka Rapat Kerja Nasional I KNPI di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (5/6) siang.

Calon wakil presiden Prabowo Subianto, yang juga mantan Pangkostrad menyatakan bahwa dirinya siap kembali menjadi prajurit untuk mempertahankan Ambalat, hal tersebut dikatakannya saat berkunjung dan membuka dialog dengan para pedagang di Pasar Caringin, Bandung, pada hari Kamis (4/6).

“Pemerintah Indonesia harus mengintensifkan pertemuan dengan pemerintah Malaysia untuk menyelesaikan kasus Ambalat,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah itu di Jakarta, Kamis (4/6). Menurut Din, pemerintah hendaknya melesaikan kasus wilayah perbatasan itu sesuai dengan ketentuan yang ada. Apabila diyakini Ambalat itu sebagai wilayah teritorial Indonesia, maka pemerintah harus berusaha mempertahankan, jangan sampai lepas lagi seperti Pulau Sipadan dan Ligitan.